Amalan Rasul Sebelum Tidur

Menjelang tidur, Rasulullah saw. berserah diri kepada Allah dari segala kejahatan dan kejadian yang akan menimpanya saat tidur. Kita dianjurkan melakukan seperti apa yang dicontohkan Rasulullah saw. tersebut.

Kata Bara bin ‘Azib r.a., Nabi saw. pernah bersabda kepadaku: “Kapanpun engkau hendak tidur, berwudhulah terlebih dahulu sebagaimana engkau hendak mengerjakan shalat, berbaringlah dengan menghadap ke arah kanan dan berdoalah: “Allahumma aslamtu wajhii ilaika, wa fawwadhtu amrii ilaika, wa alja’tu dzahrii ilaika raghbatan wa rahbatan ilakika. Laa malja’a wa laa manjaa minka illaa ilaika. Allahumma aamantu bikataabikal-ladzii anzalta wa Nabiyyikal-ladzii arsalta”.

(Ya Allah! Aku berserah diri kepada-Mu, mempercayakan seluruh urusan kepada-Mu, aku bergantung kepada-Mu untuk memperoleh berkah-Mu dengan harapan dan ketakutanku kepada-Mu. Tak ada tempat untuk melarikan diri dari–Mu, tak ada tempat untuk perlindungan dan keamanan selain-Mu. Ya Allah aku percaya pada kitab-Mu [Al-Qur’an] yang Engkau turunkan dan aku percaya pada Nabi-Mu [Muhammad saw.] yang Engkau utus).

Maka apabila malam itu engkau mati, kau akan mati dalam keimanan kepada Islam. Biarkanlah kata-kata itu menjadi kata-katamu yang terakhir.” (H.R. Bukhari)

Kesimpulannya, apabila kita mau tidur disunahkan berwudu terlebih dulu, lalu tidurlah dengan berbaring ke bagian kanan, kemudian berdo’a bismika allahumma ahya wa amut atau berdo’a seperti disebutkan dalam riwayat di atas. Wallahu A’lam.

Related Post

Humas PI

“Menuju Era Dakwah Tanpa Batas” ~~Kantor Sekretariat Galeri Dakwah Percikan Iman @Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-8888 506640235 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *