Jadilah Insan yang Pandai Bersyukur!

Syukur is something easy for say, easy for explain, but difficult for to do. (sesuatu yang mudah untuk di katakan, mudah untuk dijelaskan, tetapi tidak mudah untuk dilakukan).

Tahukah bahwa ketika kita merasa kepanasan karena sinar matahari yang menyengat setiap lapisan kulit di tubuh kita merupakan salah satu kenikmatan yang Allah berikan? mungkin kita lebih sering mengeluh ketika matahari menyengat tubuh, padahal tanpa kita sadari bahwa itu adalah suatu kenikmatan dari Allah SWT, bagaimana bisa?

Baiklah…bayangkan ketika kita merasakan angin berhembus menyapu setiap keringat yang kita keluarkan, betapa sejuknya meskipun itu hanya angin yang datang 5 detik saja berlalu di tubuh kita, kita akan merasakan sejuk yang luar biasa dari angin sepoi karena kita merasakan kepanasan, akan tetapi jika kita tidak merasakan kepanasan kemudian datang angin menyapu tubuh kita, kita tidak akan merasakan betapa nikmatnya angin.

Begitu pula, kita tidak akan merasakan nikmatnya berselimut jika kita tidak pernah merasa kedinginan, kita tidak akan merasakan enaknya menggaruk kulit jika kita tidak merasa gatal, dan kita tidak akan merasakan nikmat yang luar biasa dalam tidur jika kita tidak merasa lelah, maka bersyukurlah dengan segala kenikmatan yang Allah telah berikan.

Segala sesuatu yang menimpa kita, yang ada disekeliling kita adalah sesuatu yang patut kita syukuri. Jika dalam hidup kita merasa serba kekurangan, lihat saudara-saudara yang kurang beruntung dari kita.

Ketika kita kecil kita mengeluh kurang bahagia atau kurang di manja, apakah anak yang didalam gambar ini terlihat bahagia dan dimanja?
Jika Anda memiliki sepasang lengan yang sempurna, dan kemudian ada seseorang yang ingin membelinya senilai 1 milliar rupiah, Apakah Anda akan melepaskannya, bahkan jika diberikan iming-iming kekayaan seisi dunia, tak seorang pun rela untuk melepas sepasang lengan yang dimilikinya.

Kalau begitu berapa nilai sepasang lengan Anda yang telah dikaruniakan oleh Sang Pencipta ?. Sungguh tak ternilai harganya. Itu baru sepasang lengan, bagaimana dengan sepasang mata kita yang kita pergunakan untuk melihat keajaiban dan keindahan alam semesta.

Bagaimana pula dengan indera-indera lainnya yang kita miliki. Sungguh tak ternilai karunia yang telah Allah SWT berikan kepada kita, namun kita jarang dan bahkan tak pernah mensyukurinya, kita mungkin lebih sering berkeluh dengan kekurangan dibanding berucap syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, bahkan mungkin kita kalah dengan gadis cilik yang bisa tersenyum ikhlas walau tubuhnya cacat minimase.

MAKNA SYUKUR

Syukur adalah salah satu sifat yang merupakan hasil refleksi dari sikap tawakal. Secara bahasa, syukur mengandung arti “sesuatu yang menunjukan kebaikan dan penyebarannya”.

Sedangkan secara syar’i, pengertian syukur adalah “memberikan pujian kepada yang memberikan segala bentuk kenikmatan (Allah swt) dengan cara melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar, dalam pengertian tunduk dan berserah diri hanya kepada-Nya”.

KEDUDUKAN SYUKUR

Sebagai Wasiat yang Pertama dari Allah SWT “Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu. Hanya kepad-Kulah kembalimu.” QS. Luqman : 14

Merujuk pada Firman Allah swt dalam QS. Luqman : 14 tersebut di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa “syukur” memiliki kedudukan yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Karena, syukur merupakan wasiat yang pertama yang di perintahkan oleh Allah swt kepada manusia setelah mereka dikandung, dilahirkan, dan mampu untuk berpikir dengan baik.

Untuk mendapatkan Ridho Allah SWT “…Jika kamu bersyukur, niscaya dia meridhoi bagimu kesyukuranmu itu…”
Menghindarkan Sifat Menghamba Kepada Selain Allah “Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rizki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.” QS. Al Baqarah : 172

Mendapatkan Pujian Allah swt “Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali ia bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Allah), lagi yang mensyukuri nikmat-nikmat Allah. Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus.” QS. An Nahl 120 – 121

Akan Selalu Diingat oleh Allah “…Tidakkah Allah lebih mengetahui tentang orang-orang yang bersyukur (kepada-Nya)?” QS. Al An’am : 53

Agar Terhindar dari Siksa Allah ”…Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” QS. Ibrahim : 7

Akan Menambah rizki dan Barokah “…Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu…” QS. Ibrahim : 7

RUKUN SYUKUR

Syukur Qalbi
– Mengakui dan meyakini dengan sebenar-benarnya di dalam hati bahwa segala bentuk nikmat yang telah ia dapatkan hanya berasal dari Allah swt semata.

Syukur Lisan
– Senantiasa memuji kepada Allah atas segala karunia dan anugerah yang telah dilimpahkannya.

Syukur Jawarih: Menggunakan segala bentuk nikmat yang telah dilimpahkan-Nya dalam rangka untuk mendapatnya rahmat dan ridho-Nya.
Betapa banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita, kenikmatan bernafas, berkedip, berbicara, melihat dan masih banyak lagi kenikmatan yang Allah berikan kepada kita semua sehingga jika lautan dijadikan sebagai tinta untuk menulis kenikmatan yang Allah berikan kepada kita, maka itu tidak akan cukup.

Allah SWT tidak memerlukan ucapan syukur dari hamba-Nya. Tetapi kitalah yang memerlukan rasa syukur tersebut, agar kita mendapatkan kebahagiaan batin yang tak ternilai harganya.

Wallahu alam

Penulis :
– Irma Fatmawati
Team HomePI Percikan Iman

Related Post

Humas PI

"Menuju Era Dakwah Tanpa Batas" ~~Kantor Sekretariat Galeri Dakwah Percikan Iman @Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-8888 506640235 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *