Pendekatan Halal Haram Merokok

Begini, kita semua sepakat bahwa merokok itu tidak ada manfaatnya.
Untuk saat ini melakukan pelarangan merokok dengan pendekatan fatwa “halal haram” belumlah tepat. Buktinya berkali-kali wacana keharaman ini dilontarkan di Indonesia malah menimbulkan polemik antara umat dan juga musuh klasiknya yakni para produsen rokok. Sehigga malah seolah muncul masalah baru.

Padahal sudah jelas tertulis dalam bungkus rokoknya tentang bahaya rokok aktif maupun pasif. Namun itu hanyalah hiasan saja, dan cukup dimentahkan dengan ungkapan : hidup mati urusan Allah dsb.

Kita bisa memakai metoda lain dengan menguraikan keburukan ketika merokok. Diantaranya adalah :

1. Boros
“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”. [QS.17:27].

2. Kesia-siaan
Manusia beriman senantiasa menghindari hal-hal yang tidak bermanfaat.
“dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna” (QS.23:3)

3. Mendholimi dirisendiri dan orang lain.

“Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. mereka itu mendapat azab yang pedih” (QS. Asy Syura: 42)

http://khazanahintelektual.com/images/stories/promo-buku/menelanjangi-strategi-jin.png

Dari Abu Dzar Al-Ghifari ra dari Nabi SAW bersabda meriwayatkan firman Allah ‘azza wa jalla, berfirman, “Wahai hamba-hambaku, sesungguhnya Aku mengharamkan kezaliman atas diri-Ku dan Aku mengharamkannya pula atas kalian, maka janganlah kalian saling menzalimi…” (HR Muslim)

4. Dan segudang aspek ilmiah tentang bahaya rokok dan kesehatan. dan tidak akan cukup dibahas disini dan akan lebih baik yang menyampaikan pakar kesehatan/kedokteran.

Bagi yang sudah telanjur, cara menghentikan rokok paling jitu adalah keinginan KUAT untuk berhenti entah dengan cara berangsur-angsur berhenti atau stop sama sekali.

Hasil dari semua metode pencegahan dan perbaikan diri menjadi nihil ketika tidak ada niat untuk berhenti merokok.

Wallahu A’lam bishawab

Sumber :
– Tanya jawab MPI 21/3/2010

Related Post

Humas PI

“Menuju Era Dakwah Tanpa Batas” ~~Kantor Sekretariat Galeri Dakwah Percikan Iman @Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-8888 506640235 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *