Menjaga Spirit Ramadhan

“Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat menjadi cerai-berai kembali, kamu menjadikan sumpahmu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.” (QS: 16:92)
****
Ada yang terasa hilang seusai Ramadhan meninggalkan kita bersama. Ada banyak kenangan indah selama Ramadhan dalam beribadah kepada Allah SWT begitu mudah kita jalankan, padahal di bulan-bulan lain begitu sulit dijalankan.
****

Mari kita cermati semangat-semangat di bulan Ramadhan, sehingga bisa kita jaga dan tetap BERSEMANGAT mewujudkannya sepanjang tahun. Apa saja itu?

(1) Semangat BERIBADAH mahdah, baik yang wajib maupun sunah (shalat, puasa, zakat, infak, zikir, tilawah, dan sebagainya).

(2) Semangat BERDISIPLIN dalam menjalankan semua aktivitas. Ini terkait dengan berbagai aktivitas, baik yang terkait dengan ibadah mahdah mau pun ibadah ghaira mahdah (muamalah).

(3) Semangat BERBAGI harus mampu dilakukan tidak hanya selama Ramadhan, tetapi harus mampu diterapkan sepanjang tahun. Karena, berbagi harus menjadi bagian dari kehidupan kaum mukmin sepanjang tahun, bukan kebiasaan tahunan,

(4) Semangat BERSILATURAHIM yang selama Ramadhan dilakukan dengan intens melalui berbagai aktivitas, seperti buka bersama yang dilakukan oleh semua kalangan, baik oleh individu maupun organisasi. Juga aktivitas lain, seperti tarawih, tadarus, ataupun sahur bersama. Inilah spirit Ramadhan yang harus mampu kita aplikasikan sepanjang tahun.
****
Semoga Kita mampu melaksanakannya.Amin..


Related Post

Humas PI

"Menuju Era Dakwah Tanpa Batas" ~~Kantor Sekretariat Galeri Dakwah Percikan Iman @Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-8888 506640235 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *