Dan Kita Mengembara Menuju Rumah-NYA

Mari kita cermati ayat berikut,

“Katakanlah hai Muhammad; Telah diwahyukan kepadaku bahwasannya sekumpulan jin telah mendengarkan Al-Qur’an, lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al-Qur’an yang menakjubkan, memberi petunjuk ke jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seorangpun dengan Tuhan kami.” (QS. Jin 72:1-2)

Ayat ini menjelaskan, ketika Rasulullah saw. membaca Al-Qur’an, ada sekelompok jin yang ikut mendengarkan bacaannya, lalu mereka mengimaninya. Kalu mengimani Al-Qur’an, berarti masuk Islam.

Jadi, agama mereka adalah Islam dan cara beribadahnya pun secara Islam. Seperti halnya manusia, jin ada yang shaleh dan ada juga yang kufur, sebagaimana dijelaskan dala ayat berikut, “Dan sesungguhnya diantara kami ada orang-orang yang shaleh dan di antara kami ada pula yang tidak demikian (kufur). Kami menempuh jalan yang berbeda-beda.” (QS. Jin 72:11)

Imbalan dan sanksinya pun samaseperti manusia, ada yang masuk surga ada pula yang masuk neraka, sebagaimana firman-Nya: “Adapun (jin) yang menyimpang dari kebenaran, mereeka menjadi kayu bakar api neraka jahanam. Dan jika mereka (jin) tetap di atas jalan itu (Islam), benar-benar kami akan memberi minum air yang segar kepada mereka (surga).” (QS. Jin 72:15-16)

Kesimpulannya, agama yang dianut bangsa jin adalah Islam, diantara mereka ada yang shaleh ada juga yang kufur. Jin yang shaleh masuk surga sedangkan jin yang kufur menjadi kayu bakar api neraka jahanam.

Wallahu a’lam.

Humas PI

Yayasan Percikan Iman | Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-88885066 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *