Taqwa dan Karakteristiknya

Bulan Ramadhan mau tidak mau dan harus mau telah meninggalkan kita. Sah-sah saja jika diantara kita menjadi sangat gembira, karena bulan yang penuh ujian dan pelatihan yang ‘lebih dari biasanya’ itu telah lewat. Wallahu a’lam semoga yang telah diujian dan dilatihkan akan membekas dan diteruskan kebaikanya itu di 11 bulan berikutnya.

Nah, bagi yang merasa bersedih hati. Bisa ditebak bahwa beliau-beliau ini telah merasakan cinta dan lezatnya bulan Ramadhan. Melaksanakan semua amal dan ibadah dengan ‘ringan’ karena memang begitulah yang harus dilakukan. Ciri-ciri utama manusia kepompong ramadhan, akan selalu berusaha meneruskan bahkan meningkatkan (andai bisa) semua amalan kepada Allah dan manusia di bulan-bulan berikutnya.

Apa sih yang sebenarnya yang mau dicapai? ya betul sekali TAQWA. Sebuah label tingkatan manusia Islam dan beriman yang tertinggi. Label tersebut bukan diberikan kepada antar sesama manusia, tetapi dari Allah SWT kepada manusia. Kita hanya menduganya saja. Semoga kita

termasuk didalam orang-orang yang bertaqwa, amiin. Kalopun seseorang menjasi sehat, lebih manusiawi setelah berpuasa adalah sisi lain yang baik dan disyukuri dan tidak merasa kurang jika tidak mendapatkannya.

Taqwa adalah target utama disyari’atkannya Shaum seperti yang tercantum dalam surat Al-Baqoroh : 183. Sebab itu, saat kita bicara soal Ramadhan dengan segala aktivitasnya, tema taqwa sangat relevan untuk kita bahas.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Wahai manusia, beribadahlah kalian kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dan orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi bertaqwa.” (QS Al-Baqarah ayat 21)

Taqwa adalah karakter, sikap, prilaku dan kebiasaan. Taqwa adalah hasil, bukan proses. Proses menuju taqwa, di antaranya adalah dengan menjalankan Ramadhan berdasarkan manajemen Rasul Saw. seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Taqwa adalah buah dari keimanan yang mendalam yang melahirkan ketaatan, ibadah, harapan dan ketakutan mutlak kepada sang Pencipta, yakni Allah Ta’ala saat menjalankan kehidupan di dunia yang fana ini.

Sebab itu, taqwa harus dapat dilihat pengaruh dan ciri-cirinya dalam kehidupan. Taqwa harus menjadi tema terpenting setelah iman. Karena iman yang tidak melahirkan taqwa tidak akan bermanfaat banyak dalam kehidupan dunia dan tidak pula di akhirat kelak.

Saking pentingnya, dalam Al-Qur’an tedapat sekitar 158 ayat yang membahas taqwa dan juga puluhan hadits Rasul Saw. Di antara cakupan makna taqwa adalah takut, beribadah, meninggalkan maksiat, mengesakan dan ikhlas kepada Allah.

Dari ayat dan hadits tersebut kita dapat mengetahui dengan mudah karakteristik muttaqin (orang-orang bertaqwa). Di antaranya seperti yang tercantum dalam :

– QS.Al-Baqoroh : 3 – 5 dan 177
– QS.Ali Imran : 133 – 138
– QS.Al Mukminun : 1 – 10
– QS.Al Hujuraat : 6, 10, 11,12,15


Di antara sifat muttaqin ialah :

1. Tidak ragu sedikitpun dan menerima semua isi kandungan Al Qur’an
2. Ringan dalam menjalankan kewajiban ibadah (Shalat dan Zakat) kepada Allah SWT
3. Memahami konsep keimanan yang murni dan benar
4. Berusaha menerapkan kesalehan sosial (infaq dalam waktu lapang dan sempit)
5. Mempunyai konsistensi kualitas moral (pemaaf, menepati janji, menahan marah, menjauhi ghibah, menjauhi pergaulan bebas)
6. Anti berbuat sia-sia (menghabiskan waktu tanpa tujuan)
7. Sabar dan syukur menerima ujian dan nikmat Allah SWT
8. Tidak segan introspeksi diri dan bertaubat
9. Tidak berhenti menuntut ilmu
10.Berani Amar makruf Nahi Mungkar, termasuk berjihad di jalan Allah

Dan masih banyak lagi. Yang perlu digaris bawahi bahwa semua ciri-ciri tersebut akan selalu berkaitan. Dan kita tidak perlu risau kenapa banyak sekali? InsyaAllah dengan keikhlasan maka otomatis tanda-tanda orang bertaqwa akan ada dalam diri orang-orang yang sedang berusaha menuju jalan TAQWA.

Ya Allah jadikan dan mudahkan diri kami untuk mengikuti jalan-MU…

Humas PI

Yayasan Percikan Iman | Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-88885066 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *