Antara DOA dan TAKDIR

Ustadz, Benarkah doa dapat mengubah takdir seseorang?

Sebelum menjawab pertanyaan anda, ada baiknya kita perhatikan terlebih dahulu hadist berikut ini :

“Tiada sesuatupun yang dapat menolak takdir kecuali doa dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali amal kebajikan. Sesungguhnya seorang diharamkan rezeki baginya disebabkan dosa yang diperbuatnya” (HR.Tirmidzi dan Hakim)

Dari hadist tersebut kita dapat menyimpulkan betapa DOA memiliki kekuatan yang tak terhingga bagi setiap muslim. Itulah sebabnya kenapa  kemudian doa merupakan senjata orang beriman dalam perjuangannya mencapai tujuan hidup. Doa merupakan cahaya yang dapat mengubah seorang muslim ke arah yang lebih baik.

Artinya doa mampu mengubah takdir atau nasib manusia dari kehidupan sengsara menjadi berbahagia serta dari miskin menjadi kaya. Doa merupakan pemicu untuk mengaktualisasikan potensi diri dalam bentuk aktivitas, aksi dan ikhtiar dalam mewujudkan cita-cita.

Doa merupakan faktor spiritual yang merupakan sumber energi yang sangat hebat sebagai pembangkit harapan, semangat, serta jaminan untuk meraih yang dicita-citakan. Artinya, Doa merupakan bagian dari faktir yang efektif dalam kehidupan seseorang mukmin yang berpengaruh atas perubahan nasib manusia untuk berpindah dari takdir buruk kepada takdir yang baik. Wallahu a’lam

Humas PI

Yayasan Percikan Iman | Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-88885066 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *