beasiswa-percikan-iman-bspi

Mentoring Kolosal BsPI : Ruhiyah Mantap, Rupiah Mantap

(Ahad, 20/11/2016) Bertempat di SMKN 1 Bandung, Beasiswa Percikan Iman (BsPI) yang berada dibawah naungan Divisi ZIS (Zakat, Infaq, dan Shadaqah) mengadakan pembinaan anak asuh level 1 SMA dari berbagai wilayah.

Anak asuh yang tinggal di sekitaran kota Bandung, Cililin, Gunung halu hingga anak asuh dari wilayah Cianjur yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.

Mengambil tema “Ruhiyah Mantap, Rupiah Mantap “ sebagai representasi dari wirausahawan yang tidak hanya mementingkan keuntungan tetapi juga keberkahan.

Kolosal kali ini mengusung materi teori serta praktek mengenai wirausaha sebagai bekal softskill kepada anak asuh kelak.

beasiswa-percikan-iman4

Seluruh anak asuh begitu antusias mengikuti kegiatan kolosal kali ini dikarenakan materi yang berbeda dari materi mentoring setiap bulannya di wilayahnya masing-masing.

Terbukti dari kehadiran anak asuh yang mencapai persentase 95%. Kolosal dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran serta beberapa sambutan dari Ketua ZIS Bapak Arief Rahmansyah S.Si, Koordinator BsPI Dadieh Kurniadi S.Si, serta ketua pelaksana Rai Andani.

Lalu semua anak asuh dikelompokkan dan bertugas untuk turun langsung berjualan barang yang sudah disediakan panitia berupa gorengan, coklat dan boneka kayu Danboo di sekitaran balaikota Bandung hingga alun-alun Bandung.

Terdiri dari 7 kelompok anak asuh ikhwan dan akhwat, semua kelompok diberikan waktu 1,5 jam untuk berjualan di area yang telah ditentukan, tidak lupa juga untuk terus berdzikir selama berjualan beberapa kelompok anak asuh berhasil mendapatkan beberapa pembeli barang daganganya.

Interaksi langsung dengan calon pembeli di tempat umum ini yang menjadi tujuan panitia untuk ‘membiarkan’ anak asuh mengenal lingkungan dan medan usaha dalam bentuk yang paling dasar dengan berjualan langsung meski hari ini sudah begitu merebak berjualan melalui media online.

beasiswa-percikan-iman2

Ada beberapa kelompok yang berhasil menjual barang daganganya sampai habis dan mendapatkan keuntungan yang lumayan, ada juga yang belum terjual habis karena keterbatasan waktu yang diberikan panitia. Keuntungan dan barang dagangan yang masih tersisa boleh dibawa pulang oleh anak-anak sebagi apresiasi atas kerja keras para anak asuh.

Setelah selesai terjun berjualan langsung ke lapangan, para anak asuh juga dibekali dengan materi mengenai wirausaha setelah tahu bagaimana kondisi di lapangan ketika berjualan.

Pemateri kali ini menghadirkan kang Asep Thedy Setiawan yang merupakan trainer bisnis  dan juga pemilik usaha di bidang konveksi serta makanan di Bandung. Kang Asep menyampaikan bahwa ada Allah dibalik kesuksesan kita, sehingga penghubung kita dengan Alllah adalah shalat, sehingga sebagai pengusaha kita harus memperbanyak shalat sunnah dan memperbaiki shalat fardhu kita.

beasiswa-percikan-iman3

Sebagai pengusaha kita harus mempunyai konsep ATM yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi atau juga mempunyai inovasi tersendiri dengan berpikiran out of the box berbeda dari yang lain.

Terakhir beliau menyampaikan cara menjadi pengusaha yang islami yakni dengan mengutamakan Allah, Allah dulu, Allah lagi, Allah terus serta memilih usaha yang jelas haram dan halalnya.

Setelah materi selesai ada beberapa penghargaan bagi anak asuh dengan kategori PINTAR (Prestatif, Qurani, Kreatif, dan Mandiri) serta anak asuh terbaik tingkat mahasiswa dan juga mentor terbaik.

Untuk kategori anak asuh prestatif diraih oleh Raihan Husna dari Bandung Selatan 2 dan anas mandiri diraih oleh Siti Patimah yang berasal dari Bandung Barat 2 (Gunung halu), sedangkan untuk kategori anas terbaik ikhwan tingkat mahasiswa diraih oleh Ihsan Kamiludin yang berasal dari STAIPI Bandung.

Untuk kategori akhwatnya oleh Cucu Ani yang merupakan mahasiswi UIN Bandung serta untuk mentor terbaik diraih oleh Dinar Hadiswara S.Pd. Kategori anak asuh Qurani diraih oleh 8 orang yang telah hafal Quran dari mulai 1 juz hingga 11 juz diraih oleh Nur Fatihah (11 Juz) , M. Farhan (10 Juz) dari wilayah Bandung Kota, Meli Andari (6 Juz), Vatsya Refania (9 Juz), Fitra Khanza (9 Juz) dari Bandung Timur, Avini Sabarina (1 Juz) dari Bandung Selatan, Obar Sobari (1 Juz) dari Cianjur, Siti Patimah (1 Juz) dari Bandung Barat 2.

Acara mentoring kolosal ini pun ditutup dengan doa dan pembagian beasiswa perwilayah. Diharapkan dengan selesainya kegiatan mentoring kolosal kali ini semua anak asuh termotivasi untuk pengusaha yang tidak hanya mementingkan keuntungan tetapi juga keberkahan dan kemanfaatan didalam prosesnya.

oleh : Fuadi Zaki

Rekening Donasi BEASISWA Percikan Iman di BSM 7000.978.862 an Yayasan Percikan Iman /Orangtua Asuh. Konfirmasi 08112216667/022-8888 5066

Humas PI

Yayasan Percikan Iman | Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-88885066 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *