Enam Hikmah Ibadah Qurban

Qurban adalah bukti Kecintaan manusia kepada Allah sekaligus kecintaan kepada sesama. Qurban disyariatkan kepada yang mampu sebagai bukti diri mau mendermakan harta yang dicintai.

Setidaknya ada enam hikmah berkurban yang menandakan bahwa ibadah tahunan ini bukan hanya ibadah ritual saja.

“Hikmah pertama, kita tidak akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akherat, kecuali jika kita mau mengorbankan apa yang kita cintai,”

Kedua, kehidupan ini tidak kekal, dan banyak hal yang terjadi secara tiba-tiba diluar perkiraan kita.

Ketiga, terkadang dalam kehidupan ini hal-hal yang kita cintai malah cepat pergi. Sebaliknya hal-hal yang kita benci justru datang terus-menerus.

Maka, Allah SWT menyebut kesenangan dunia sebagai kesenangan yang menipu. Karena akan sirna bahkan berubah menjadi malapetaka, jika cara kita menjalaninya tidak sesuai tuntunan Allah.

Keempat, manusia perlu ingat bahwa tidak setiap perkara yang kita benci pasti membawa mudharat bagi kehidupan. Terkadang yang terjadi adalah sebaliknya. “Musibah yang kita anggap akan mendatangkan malapetaka, ternyata malah membawa kita kepada kesuksesan besar dalam hidup,”

Kelima, kesenangan dunia yang diberikan Allah kepada kita, jangan sampai melalaikan kita dari beribadah kepada-Nya. berkurban adalah berjuang dengan memberikan sesuaatu yang telah dimiliki secara benar ats daasan taqwa dan sabar.

Keenam, pengakuan iman memerlukan bukti. Dan Allah Swt menguji salah satunya dengan syariat ibadah Qurban.

“Berkurban sendiri harus dilaksanakan atas dasar takwa, sabar, dan berharap ridho Allah agar harta dan jasa yang telah dikeluarkan menjadi sia-sia,”

  • Kiriman Jamaah MPI –

Related Post

Humas Percikan Iman

Humas Percikan Iman

Sekretariat Galeri Dakwah Percikan Iman | Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-88885066 | 08112216667

There are 1 comments

  1. Pingback: Enam Hikmah Ibadah Qurban – BAYU BELANEGARA

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *