aam-amiruddin-percikan-iman

Nikmat Hidup dalam Naungan Iman (2)

Sahabat MPI dimanapun berada, berikut ini adalah tentang buah dari Keimanan (Lanjutan) yang meliputi : Melahirkan Hidayah Allah, Memberikan Keselamatan dan Mendapatkan Ampunan 



4. Akan melahirkan Hidayah Allah. (QS. At-Taghabun: 11).

مَا أَصَابَ مِنْ مُصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ ۗ وَمَنْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ يَهْدِ قَلْبَهُ ۚ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Siapa yang beriman kepada Allah pasti Allah akan memberikan petunjuk pada hatimu. Terkadang ketika kita menyampaikan nasehat-nasehat kepada orang lain tidak berhasil dan tidak diikuti.Kita harus tetap ikhlas dan tetap berusaha, karena pada dasarnya yang menujuki hati adalah Allah. Kita hanyalah perantara. Tugas kita adalah menyampaikan kebaikan, tentunya dengan cara yang santun dan menjaga kehormatan orang lain. Kemudian Allah lah yang akan mengabulkan tentang petunjuk yang datang dalam hatinya.


Ketika kita telah menyampaikan dengan baik, membiasakan yang baik dan memberi contoh yang baik namun tak sesuai dengan yang di harapkan, tugas kita sudah selesai. Seperti halnya ketika nabi Nuh yang berusaha dengan keras, namun tidak bisa mengajak anak dan istrinya ke jalan yang lurus yang Allah ridhai.

5. Iman itu akan melahirkan Keselamatan (pertolongan Allah).

۞ إِنَّ اللَّهَ يُدَافِعُ عَنِ الَّذِينَ آمَنُوا ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ خَوَّانٍ كَفُورٍ

Sesungguhnya Allah membela orang-orang yang telah beriman. Sesungguhnya Allah tidak menyukai tiap-tiap orang yang berkhianat lagi mengingkari nikmat.

 (QS. Al Hajj: 38)

إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya.

إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ

Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.

(QS. An Nahl: 99-100)

Seperti yang sudah di jelaskan pada materi sebelumnya bahwa dalam diri manusia ada dua potensi yang saling tarik menarik yaitu potensi kebaikan dan keburukan. Dan setiap saat syetan akan selalu dan selalu berusaha untuk menjerumuskan manusia kepada keburukan. Namun semua usaha syetan pasti gagal, karena orang-orang yang beriman selalu pertolongan Allah.

6. Malaikat-malaikat akan memohonkan Ampunan kepada Allah. (QS. Al Ahzab: 43).

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۚ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا

Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.


Sahabatku, jika kita beriman maka malaikat pun juga akan terus memohonkan ampun kepada Allah. Maka beruntunglah bagi orang-orang yang mau berusaha selalu membina iman agar selalu terjaga dan meningkat.

Salah satu cara jitu membina iman adalah dengan hadir di majlis ilmu. Karena dengan datang ke kajian ilmu, iman pun akan terus terbimbing dan terjaga dengan ilmu dan amal. Dan ternyata para malaikat pun akan memohonkan ampun kepada Allah bagi mereka yang senantiasa menjaga keimanannya.

Wallahu’alam bishshawab.

Kajian ahad selanjutnya masih tema lanjutan, In Syaa Allah akan di selenggarakan di mesjid Ulul Albab kampus UNPAS. Jl.Dr.Setiabudi Bandung.

Resensi Kajian MPI Ahad Pagi 24/3/2019
Ust. Dr.Aam Amiruddin, M.Si
Mesjid Darul Ihsan Telkom
Disusun oleh Ika Kartika (@kartikamuslimah)

kajian mpi-24-03-19-aam-darul-ihsan2

Humas PI

Yayasan Percikan Iman | Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-88885066 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *