muslim kuat dan bermanfaat untuk orang lain percikan iman

Ihtiar Rizki Tanpa Melupakan yang Memberi Rizki

Sahabat Percikan Iman, selalulah berdoa, pilihlah cara-cara haal dan terakhir mensyukuri apapun hasil yang dikaruniakan Allah Swt.

Ikhtiar merupakan salah satu akhlak terpuji yang diajarkan oleh Rosululloh SAW. Ihtiar adalah kewajiban setelah berdoa, adapun bentuk-bentuk ikhtiar diantaranya yaitu:

1. Bersungguh-sungguh
Sungguh-sungguh merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang harus diperhatikan. Dalam menggapai cita-cita diperlukan kesungguhan yang mendalam, jangan berusaha dengan setengah-setengah, lakukan dengan sungguh-sungguh.

Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Alloh benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al Ankabut 29 : 69)

2. Bekerja keras
Berusaha semaksimal mungkin jangan bermalas-malasan namun berusaha dan berjuanglah sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Rosululloh Shollallohu Alaihi Wa Sallam telah bersabda :

Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari mukmin yang lemah, dan masing-masing memiliki kebaikan. Bersungguh-sungguhlah dalam (mengerjakan) hal-hal yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan dari Alloh dan janganlah bersikap lemah. (HR. Muslim).

3. Pantang menyerah dan putus asa
Jika sudah melakukan suatu usaha, kemudian belum mendapatkan apa yang diinginkan, kurang memuaskan dan tidak sesuai dengan harapan, maka teruslah mencoba, mencoba dan mencoba. Jangan mudah menyerah, jangan berputus asa, karena kegagalan adalah sebuah proses pembelajaran. Perhatikanlah sabda Rosululloh Shollallohu Alaihi Wa Sallam :

Jika kamu tertimpa sesuatu (kegagalan), maka janganlah kamu mengatakan, seandainya aku berbuat demikian, pastilah tidak akan begini atau begitu. Tetapi katakanlah, ‘ini telah ditakdirkan oleh Alloh dan Alloh berbuat sesuai dengan apa yang dikehendaki. Karena sesungguhnya perkataan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan setan.” (HR. Muslim)

4. Tetap Bersyukur dan Berdoa
Jika sudah melakukan suatu usaha, kemudian belum mendapatkan apa yang diinginkan, kurang memuaskan dan tidak sesuai dengan harapan, maka tetap bersyukur. Allah adalah pemberi terbaik untuk hamba-Nya. Tetap lakukan pembelajaran. Perhatikanlah sabda Rosululloh SAW :

“Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim, no. 2999)

Imam Al-Munawi berkata dalam Faidhul Qadir, “Keadaan seorang mukmin semuanya itu baik. Hanya didapati hal ini pada seorang mukmin. Seperti itu tidak ditemukan pada orang kafir maupun munafik. Keajaibannya adalah ketika ia diberi kesenangan berupa sehat, keselamatan, harta dan kedudukan, maka ia bersyukur pada Allah atas karunia tersebut. Ia akan dicatat termasuk orang yang bersyukur. Ketika ia ditimpa musibah, ia bersabar. Ia akan dicatat termasuk orang yang bersabar.

#percikaniman #percikanimanonline #kerjakeras #kerjacerdas #berdoa #bersyukur

Allah Maha Pemberi Rizki

Humas PI

Yayasan Percikan Iman | Ruko Komplek Kurdi Regency No.33A Inhoftank Bandung 40235 Telp.022-88885066 | 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *