doa taubatan nasuha percikan iman

Semangat Mendoakan Orang Lain

Seorang Muslim hendaknya memiliki sifat yang terpuji kepada sesama dengan saling mendoakannya untuk kebaikan. Sunnah ini mungkin banyak ditinggalkan kaum Muslimin.

Syekh Abdullah Ju’aitsan dalam bukunya yang berjudul Meneladani Nabi dalam Sehari menuliskan, doa termasuk salah satu jenis kebaikan. Termasuk, mendoakan kebaikan bagi saudara kita sendiri.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Doa seorang Muslim untuk saudaranya dengan tanpa sepengetahuan saudaranya itu mustajab. Di atas kepala orang itu ada malaikat yang mencatatnya (malakun muwakkal). Setiap kali orang itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, maka malaikat tersebut mengucapkan amin (semoga Allah mengabulkan) dan untukmu juga seperti itu.” (HR Muslim)

Menurut Syekh Abdullah, dengan mendoakan kebaikan bagi saudara kita, berarti kita telah berbuat baik kepada diri kita sendiri dan saudara kita. Karena doa kita bagi saudara kita merupakan salah satu sebab terkabulnya doa kita.

Sebab itu, saat malaikat mengamini dan berkata, “Amin dan untukmu juga seperti itu.” Kita juga berbuat kebaikan kepada saudara kita ketika kita mendoakannya tanpa sepengetahuannya dan dikabulkan.

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, khadim (pembantu) Rasulullah SAW, dari Nabi Muhammad SAW, Beliau berkata, “Tidaklah seseorang dari kalian sempurna imannya, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang dia cintai untuk dirinya.” (HR Muslim).

Doa Tidak Pikun

Rasulullah ﷺ telah mengabarkan kepada umatnya agar saling mendoakan kebaikan bagi sesama. Bahkan, mereka yang mendoakan muslim yang lain juga mendapat ganjaran yang indah, dengan didoakan malaikat.

Dalam kondisi pandemi yang belum menentu ini, marilah selain berdoa untuk keselamatan dan kesehatan keluarga sendiri tentunya juga rajin mendoakan saudara-saudara kita yang lain. Ingatlah, bahwa doa yang tersembunyi itu akan terkabul. Aamin ya robbal alamiin.

Kiriman : Jamaah Percikan Iman

Humas PI

Humas PI

PERCIKAN IMAN ONLINE DIGITAL - Ruko Komplek Kurdi Regency 33A Jl. Inhoftank, Pelindung Hewan Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40243 Telp. 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *