Gambar Galeri Dakwah Percikan Iman



MENJAWAB UJIAN KEHIDUPAN di Majelis Percikan Iman Online



Semoga Allah memberkahi kita semua dengan nikmat hujan



Kesehatan, Kesempatan, Ketentraman dan Kesalehan adalah bagian dari rizki Allah... dan RIZKI adalah juga UJIAN.

Tidak ada yang tahu apa hikmah di balik pemberian rizki yang (mungkin) berlimpah itu. Tetapi perlu diperhatikan bahwa rezeki adalah ujian. Rezeki yang dianugerahkan tak boleh digunakan sebagai sarana untuk saling menyanjung ataupun menghina satu sama lain. Kemuliaan bukan terdapat pada bertambahnya rezeki.

Kemuliaan itu terletak pada sejauh manakah ia mampu memanfaatkan sebaik-baiknya dalam pendayagunaan rezeki itu. Minimnya rezeki yang diperoleh bukan berarti rendah dan hina.

Maka, tenanglah ... Allah tak akan menelantarkan hamba-Nya tanpa rezeki sedikit pun. Dan, bersikaplah mawas bagi mereka yang berkecukupan dan lebih rezekinya. Apa yang mereka peroleh adalah ajang ujian untuk kita semua

Simaklah surah al-Fajr [89]: 14-15. Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu Dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, Dia akan berkata: ‘Tuhanku telah memuliakanku.’ Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezkinya, dia berkata: ‘Tuhanku menghinakanku.

Semoga kita TERMASUK orang-orang yang BERSYUKUR ..dan BERSYUKUR. Aamiin

#doaharian #rizkihalal #percikaniman #percikanimanonline #rizkiberkah #nikmatsehat #artikelislam #tanyajawabislam #doatahajjud #shalatmalam #nikmatsehat #posterislam



ALLOHUMMA BIKA ASH-BAHNAA WA BIKA AMSAYNAA WA BIKA NAHYAA WA BIKA NAMUUTU WA ILAIKAN NUSYUUR.

“Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan bagi semua makhluk.” [HR. Tirmidzi, no. 3391 dan Abu Daud, no. 5068]
.
Dua nikmat yang sering kali manusia tertipu (terpedaya) oleh keduanya yaitu kesehatan dan waktu luang. (HR.Bukhari)

#percikaniman #percikanimanonline #kajianmpi #doapagi #semangatpagi #rabu #keberkahanhidup #doaharian #doahariamuslim #doayangbaikbaik #doaibu #duha #dhuha #shalatdhuha #semangatpagi #sedekah #infaq



percikaniman

Dari ‘Aisyah RA, beliau mengatakan, “Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739)

Aku berkata pada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa dua hari tersebut?” Usamah menjawab, “Senin dan Kamis.” Lalu beliau bersabda, “Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5: 201)

#percikaniman #percikanimanonline #puasasunah #puasaseninkamis #sunahrasul #ibadahsunah #shaumseninkemis #semangatsenin #semangatpagi #posterislam #amalansunah #nasehatislam #hadistshahih



Rizki itu bukan hanya Harta, Alhamdulillah masih diberikan nikmat sehat dan iman Islam.

Jangan lupa checklist Sunnah jumatnya ya Sahabat !Jangan lupa Perbanyak Sedekahnya juga ...

#PercikanIman #PercikanImanOnline #jumatberbagi #Jumatberkah #sedekahjumat #posterdakwah #infokajianbandung



Mari menjadi bagian lahirnya Peradaban Terbaik
.
Sahabat punya semangat ikut berjuang dalam dakwah ? ingin berkontribusi untuk mengoptimalkan program dakwah masjid di daerahnya ?
.
Masih ragu untuk bergerak dengan program - program sosial Dakwahnya ? Masih kesulitan mencari support system ?
.
Insya Allah kami segenap keluarga besar yayasan @percikaniman siap membersamai sahabat semua untuk menjawab semua pertanyaan diatas, kami hadirkan program Duta Peradaban Percikan Iman sebagai salah satu ikhtiar untuk perjalanan dakwah kita bersama
.
Mari jangan sampai terlewat, Segera Bergabung Bersama kami dan memulai sebuah kebaikan besar!
.
Untuk sahabat yang ingin ikut serta menjadi duta peradaban @percikaniman dapat menghubungi
via Whatsapp 0812 8181 8177
atau klik link s.id/daftardutapi
.
Barakallahufiikum
.
Notes:
- siapapun bisa mendaftar
- tidak ada batasan domisi tempat tinggal
- tidak ada batasan usia

#percikaniman #percikanimanonline #dutaperadaban #pengabdian #pembinaan #amanahwakaf #generasiperadabanterbaik



Mencintai Rasulullah pada hakikatnya merupakan cinta kepada Allah SWT. Allah berfirman, yang artinya, "Katakanlah, 'Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.' Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS. 3: 31).

Dalam suatu hadis, Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah beriman seseorang di antara kalian, sehingga aku lebih ia cintai dari keluarganya, hartanya, dan dari semua manusia" (HR Muslim).

Mencintai Nabi Muhammad SAW dapat dilakukan setidaknya melalui dua cara. Pertama, meneledani sikap dan perilakunya serta taat kepada perintahnya.

Allah menjelaskan bahwa Rasulullah adalah suri teladan yang baik bagi umat manusia (QS. 33: 21). Karenanya, sebagai salah satu wujud kecintaan kepadanya kita wajib melaksanakan perintahnya, menjauhi larangannya, dan meneladaninya.

Cara kedua, selalu merindukan dan mengingat beliau shalallahu 'alaihi wasallam.

Orang yang merindukan Rasulullah akan selalu berusaha mengerjakan amalan-amalan yang beliau contohkan agar kelak dapat mendekatkan posisinya dengan Rasulullah.

Dan, seorang yang mencintai Rasulullah akan senantiasa mengingatnya dalam setiap aktivitasnya dan selalu membaca shalawat atasnya. Mengenai bershalawat atas Nabi, Allah memerintahkan, "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya" (QS. 33: 56).

#percikaniman #percikanimanonline #cintarasul #cintanabi #nabimuhammad #mauludnabi #posterislam #rasulullah #rasulullahsaw



Sangat banyak keuntungan memiliki sahabat yang saleh diantaranya:

1. Sahabat yang saleh akan selalu membenarkan dan menasehati kita apabila salah. Inilah sahabat yang sesungguhnya, bukan hanya sahabat saat bersenang-senang saja atau sahabat yang memuji karena basa-basi saja. Sebuah ungkapan arab berbunyi:

2. Sahabat yang saleh juga akan selalu mendoakan shahabatnya karena apabila ia mendoakan sahabatnya, sedangkan sahabatnya tidak mengetaui, maka malaikat juga meng-amin-kan doa tersebut sambil mendoakan bagi yang berdoa tadi, artinya orang yang mendoakan juga mendapatkan apa yang ia doakan kepada saudaranya. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” (HR. Muslim, no. 2733)

3. Sifat seseorang dan kesalehan itu “menular”, dengan berkumpul bersama orang saleh, maka kita juga akan menjadi saleh dengan izin Allah.Perhatikan hadits berikut: “Perumpamaan kawan yang baik dan kawan yang buruk seperti seorang penjual minyak wangi dan seorang peniup alat untuk menyalakan api (pandai besi). Adapun penjual minyak wangi, mungkin dia akan memberikan hadiah kepadamu, atau engkau membeli darinya, atau engkau mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, mungkin dia akan membakar pakaianmu, atau engkau mendapatkan bau yang buruk”.[HR. Bukhari dan Muslim]

#percikaniman #sahabatterbaik #sahabatislam #posterislam #percikanimanonline #sahabatsyurga



Awali Dhuha, Berdoa dan Bersedekah. Manusia memang cenderung memprioritaskan keinginannya, bukan kebutuhannya. Sehingga manusia selalu lalai untuk mensyukuri apa yang ada pada dirinya. Karena manusia selalu bernafsu untuk mengejar keinginan-keinginan dengan berbagai macam cara, dan putus asa ketika tidak mencapainya.

Dengan bersyukur maka kebahagiaan akan kita rasakan. Tapi dengan hanya terus mengejar kebahagiaan dunia maka tidak akan pernah ada habisnya. Ibarat meminum air laut, sebanyak apapun tetap tidak menghilangkan keringnya dahaga di tenggorokan. Kebahagiaan hakiki adalah kebahagiaan di Akherat, tentunya dengan bekal-bekal yang sudah dipersiapkan di dunia. .

#bersyukur #syukurbahagia #bahagiasyukur #suratibrahim #posterdakwah #nasehatislam #semangatpagi #percikaniman #percikanimanonline



Dari ‘Aisyah RA, ia menyatakan, “2 rakaat shalat Sunnah Fajar lebih baik daripada
dunia dan seisinya.” (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain disebutkan,

“2 rakaat shalat Sunnah Fajar lebih aku sukai daripada dunia semuanya.”
(HR. Muslim, no. 725)

#shalatfajar #shalatfajr #percikaniman #percikanimanonline #semangatpagi #jumatberkah #jumatbarokah



Tentunya dengan Cara yang Halal, diawali Doa dan Tawakkal. Adapun Rasulullah SAW pernah mencari nafkah dengan menggembalakan ternak milik orang lain. Begitu beranjak remaja dan dewasa, beliau kian mahir dalam berdagang. Bahkan, sebelum kenabiannya beliau dikenal sebagai seorang pedagang yang sukses dan tepercaya.

Nabi SAW mengajarkan kepada umatnya untuk tak memandang remeh suatu profesi. Suatu ketika, beliau sedang berjalan dengan beberapa sahabatnya. Kemudian, tampaklah seorang yang sedang membelah kayu bakar. Seorang sahabat menyayangkan, mengapa lelaki itu tak menggunakan daya kekuatannya untuk berperang di jalan Allah.

Maka, Rasulullah bersabda, "Janganlah kalian berkata demikian. Sesungguhnya, bila ia bekerja untuk menghindarkan diri dari meminta-minta (mengemis), maka ia berarti dalam sabilillah. Dan jika ia bekerja untuk mencari nafkah serta mencukupi kedua orang tuanya atau keluarganya yang lemah, maka ia pun dalam sabilillah. Namun jika ia bekerja hanya untuk bermegah-megahan serta hanya untuk memperkaya dirinya, maka ia dalam sabilisy syaitan (jalan setan)."

Alhasil, tak ada itu istilah "gengsi" dalam pekerjaan. Tak ada perbedaan nilai antara, sebut saja, pemulung dan pekerja kantoran. Keduanya sama-sama menjadi jalan mencari nafkah yang halal. Jangan sampai, hanya karena pertimbangan gengsi, seseorang lebih memilih menganggur atau mengemis daripada bekerja.

Menganggur dapat berakibat lebih buruk. Ingatlah pesan Rasulullah SAW, "Yang sangat menakutkanku atas umatku adalah banyak makan, lama tidur, serta malas. Pengangguran hanya akan menjadikan seorang manusia menjadi keras hati" (HR al-Syihaab).

..."Kalau dia bekerja untuk menghidupi anak-anaknya yang masih kecil, maka itu adalah fii sabiililaah; kalau ia bekerja untuk membela kedua orangtuanya yang sudah lanjut usia, maka itupun fii sabiilillaah; bahkan kalau ia bekerja untuk kepentingan dirinya agar tidak meminta-minta, maka itu adalah fii sabiilillaah" (HR.At Tabrani)

#percikaniman #percikanimanonline #semangatkerja #janganmalas #fiisabiilillaah #antimalas #doasedekah #bekerjacerdas #bekerjakeras #taksekedarcariuang

Prev 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 | 35 | 36 | 37 | 38 | 39 | 40 | 41 | 42 | 43 | Next