Kala Orang Berduyun Mudik, Jama’ah Berduyun Hadiri MPI

Percikan Iman – Menjelang datangnya arus nuansa akhir Ramadhan, alhamdulillaah, jama’ah MPI tetap menyempatkan hadir ke majelis ilmu.

Memang lazimnya menjelang Ramadhan berakhir, sebagian masyarakat Muslim Indonesia sibuk bebenah. Mulai dari mempersiapkan baju baru untuk lebaran, memasak atau menyetok kue-kue untuk keluarga dan tetamu, dan tentunya pulang kampung.

Namun, di tengah arus tersebut, Masya Allah, jama’ah MPI tetap berduyun-duyun hadir.

Penulis yakin, jama’ah yang hadir, sebagaimana anggota masyarakat lainnya, juga bisa saja menikmati “sajian” akhir Ramadhan tersebut.

Belum lagi, menurut informasi di berbagai media, perjalanan sebagian jama’ah harus melewati daerah banjir, tepatnya di Dayeuh Kolot. Bertambah lagi faktor yang sebetulnya dapat menjadi alasan “syar’i” tuk tidak hadir.

Begitulah bisa jadi sebentuk cinta. Cinta pada majelis ilmu. Ketika hati tertaut, bagaimana-pun kondisinya, ketika sang dicinta memanggil, sang pecinta hadir dengan serta merta.

Lain soal bagi jama’ah yang mengikuti I’tikaf “Pesantren Husnul Khotimah”. Sudah malam mereka harus melalui malam dengan sedikit begadang. Tentunya untuk mengikuti program-program yang disajikan; mulai dari materi pelajaran dan tentunya tahajud.

Segurat wajah lelah sisa juang semalam, sekilas terlihat di wajah mereka. Meski begitu, terlihat jika mereka dapat tetap terlibat dengan MPI; mereka dapat tersenyum sebagaimana jama’ah lainnya yang mungkin belum berkesempatan I’tikaf.

Namun, begitulah salah satu bentuk implementasi ajaran guru kita, Ustadz Aam Amirudin, sejatinya hidup di dunia ini merupakan saatnya berlelah-lelah. “Ketika kita sampai pada titik lelah, lelah untuk ibadah, mencari ilmu, di saaat itulah cinta Allah turun pada hamba-Nya.

Menempuhi jalan sulit, menjalani kegiatan melelahkan, selama untuk beribadah dan mencari ilmu, kita boleh kok memilih. Memilih untuk menikmatinya.

Media Dakwah Percikan Iman

Media Dakwah Percikan Iman

Yayasan Percikan Iman | Ruko Komplek Kurdi Regency 33A Jl. Inhoftank, Pelindung Hewan Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40243 Telp. 08112216667

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *