Pentingnya Shalat Fajar

Dalam Al Quran tertulis istilah Sholat Fajar, yaitu ;

أَقِمِ الصَّلاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)”. (Q.S. 17 : Al Israa’ : 78)

Kemudian didalam hadits nabi juga tertulis istilah Sholat Fajar, yaitu ketika nabi menjelaskan tentang Sholat Sunnah Rawatib Qabla Shubuh, diantaranya adalah dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, dari Nabi SAW beliau bersaba :

رَكْعَتَاالْفَجْرِخَيْرٌمِنَ الدُّنْيَاوَمَافِيْهَا

“Dua rakaat sebelum Shubuh lebih baik daripada dunia seisinya” (H.R.Muslim)

    Jadi berdasarkan dua keterangan diatas, jelas sekali bahwa sholat Fajar adalah nama lain dari sholat Shubuh, atau Sholat Sunnah Fajar adalah nama lain dari Sholat Sunnah Rawatib Qabla Shubuh (dua rakaat).

Berkaitan dengan Sholat Sunnah Rawatib Qabla Shubuh atau Sholat Sunnah Fajar ini tidak pernah ditinggalkan oleh nabi saw, baik ketika dirumah maupun dalam perjalanan. Hal tersebut didasarkan pada hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia bercerita, Nabi saw tidak memelihara satu sholat sunnah pun yang lebih gigih melebihi dua rakaat sebelum shubuh” (H.R. Bukhari).

Ini menunjukkan bahwa beliau senantiasa mengerjakan sholat sunnah dua rakaat sebelum sholat Shubuh, baik ketika sedang tidak bepergian maupun sedang dalam perjalanan.

Dalam riwayat lain disebutkan pula bahwa Nabi saw dalam setiap perjalannya selain selalu mengerjakan Sholat Sunnah Rawatib sebelum Shubuh, Nabi saw pun selalu mengerjakan Sholat Witir (Tahajjud).

Wallahu a’lam bishshawwab

http://www.syaarar.com/images/contents/shalat_jamaah.jpg

Sumber : Tanyajawab MPI 20/12/2009

Humas PI

Humas PI

PERCIKAN IMAN ONLINE DIGITAL - Ruko Komplek Kurdi Regency 33A Jl. Inhoftank, Pelindung Hewan Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40243 Telp. 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pentingnya Shalat Fajar

Do’a artinya meminta atau memohon kepada Allah swt. dengan segala kerendahan hati. Keadaan orang kafir itu ada dua kemungkinan. Kemungkinan pertama orang kafirnya masih hidup dan kemungkinan kedua dia sudah meninggal.

Kita diperbolehkan mendo’akan orang kafir yang masih hidup agar diberi hidayah oleh Allah. Fakta historis menunjukkan bahwa Rasulullah saw. pernah mendo’akan Ummar bin Khattab ra. Agar bisa masuk Islam saat Ummar masih kafir. Rasulullah saw. pun mendo’akan pamannya Abu Thalib agar masuk Islam. Ini menunjukkan bahwa kita diperbolehkan mendo’akan orang kafir yang masih hidup agar memeluk Islam.

Jadi, kalau orang tua Anda masih hidup dan mereka berbeda agama dengan Anda alias masih kafir, Anda punya kesempatan untuk mendo’akan agar mereka masuk Islam.

Namun, kalau mereka (orang kafir) itu sudah meninggal, kita diharamkan untuk mendo’akannya walaupun mereka itu saudara dekat kita. Hal ini dijelaskan dalam ayat berikut.

“Tidaklah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelas bagi mereka bahwasannya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahannam.” (QS. At Taubah 9:113)

“Dan janganlah kamu sekali-kali menyakiti (jenazah) seseorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendo’akan) dikuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik.” (QS. At Taubah 9:84)

Kesimpulannya, mendo’akan orang kafir yang masih hidup agar mereka memeluk Islam tidaklah terlarang bahkan dianjurkan. Namun, kalau orang kafir itu sudah meninggal, haram hukumnya mendo’akan dan memohonkan ampunan untuk mereka, sekalipun mereka itu adalah orang tua kita. Wallahu a’lam.


Humas PI

Humas PI

PERCIKAN IMAN ONLINE DIGITAL - Ruko Komplek Kurdi Regency 33A Jl. Inhoftank, Pelindung Hewan Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40243 Telp. 08112216667 | info@percikaniman.org

Related Post

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *